Sunday, May 18, 2014

Penyebab Pilek Menahun Pada Anak

Apakah anak Anda sering pilek terus menerus seolah tidak sembuh-sembuh bahkan menahun?

Jika anak Anda menderita pilek menahun atau pilek hampir setiap hari, kamungkinan hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab berikut ini:
  1. Anak-anak tidak dapat mengeluarkan ingus dari hidungnya secara efektif, dan juga tidak mengendus ingus ke bagian belakang tenggorokan secara efektif seperti yang bisa orang dewasa lakukan.

  2. Anak Anda sering terserang penyakit pilek pada saat tahun pertama kelahirannya.

  3. Anak Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung susu atau gula, misalnya suka minum susu atau makanan yang mengandung susu saat sebelum tidur.

Anak-anak zaman sekarang memang mudah sekali terkena pilek, jadi jika anak Anda (anak usia lebih dari 12 bulan) dan mengalami pilek menahun yang seolah tidak sembuh-sembuh, berikut ini adalah beberapa tips agar bisa sembuh:
  1. Jika anak Anda minum susu setiap malam sebelum tidur, segeralah hentikan. Kemudian perhatikan seminggu kedepan, biasanya gejala pilek,seperti hidung mampet, batuk saat malam, dahak dan ingus/lendir biasanya akan berkurang.

  2. Jika anak Anda sering memakan makan ringan (snack) di malam hari sebelum tidur, terutama jika makanan ringannya mengandung susu atau gula, hentikanlah kebiasaan tersebut. Sebaiknya berikan makan-makanan yang tidak mengandung susu atau gula saat malam.

  3. Jika anak Anda sering makan makanan yang mengandung susu hampir setiap hari, seperti yogurt, keju, susu, coklat susu, pizza atau kue rasa keju, es krim, dan sejenisnya, sebaiknya hal tersebut di kurangi jangan sampai berlebihan.

Menurut sebagian dokter, ada yang mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi susu (selain ASI) pada anak bisa menyebabkan hal-hal yang berhubungan dengan penyebab pilek menahun pada anak, karena susu tersebut bisa tidak dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan mereka.

Selain memperhatikan pola makan sang anak, perhatikan juga indikasi pilek yang muncul, berikut ini beberapa indikasi pilek pada anak berdasarkan warna ingus atau lendir yang dikeluarkan dari hidung sang anak:

Ingus berwarna bening

Jika ingus atau lendir yang anak Anda keluarkan berwarna bening, berarti hal tersebut menandakan reaksi awal dari tubuh ketika melawan kuman.

Ingus berwarna kuning
Ketika ingus yang dikeluarkan berwarna agak putih atau kuning, itu merupakan tanda bahwa sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anak Anda sedang melawan balik si kuman penyabab pilek.

Ingus berwarna kehijauan

Jika bakteri tumbuh pada hidung, maka akan terjadi interaksi pada lendir ingus, jika bakterinya masih ada maka ingus yang keluar berwarna kehijauan.

Tips:

Tidak perlu khawatir berlebihan ketika sang anak menderita pilek, perbaiki gaya hidup dan pola makan sang anak dengan pola hidup sehat dan seimbang. Biasankan cuci tangan secara rutin, sering cuci tangan dengan sabun anti kuman juga bisa membantu anak tetap higienis.
Jika hal-hal diatas tidak sesuai dengan kondisi anak Anda, kemungkinan lainnya yaitu anak Anda menderita penyakit rhinitis menahun (perennial rhinitis). Lihat juga >>  Cara Mengatasi Pilek dan Bersin.

Sekian, semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, kebetulan anak saya juga suka pilek terus.

    ReplyDelete
  2. Iya, anak saya juga mengalami pilek menahu, kenapa ya..

    ReplyDelete
  3. Pantesan, kebetulan saya memang suka sekali memberi susu pada anak saat malam, susu yang saya beli dari minimarket.

    ReplyDelete
  4. Semoga pilek menahun anak saya bisa sembuh, thanks.

    ReplyDelete
  5. Anak saya pileknya cuma pas bangun tidur pagi..nanti siang dah sembuh..knapa yha bun..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang seperti itu gejalanya bun.

      Delete
  6. iya bener berarti kalau begitu, anak saya (2,5 th) suka minum susu klo sebelum tidur dan malam saat terbangun..coba saya hentikan dulu minum susu ny asaat malam hari.terimaksih info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebaiknya dikurangi makan/minum yang manis-manis.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar.