Thursday, May 29, 2014

Pilek Menahun: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Pada artikel ini saya akan membahas sedikit mengenai penyakit pilek menahun, agar anda bisa mendapatkan pencerahan mengenai gejala penyakit tersebut.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, “Pilek” diartiken sebagai "sakit (demam) dengan tanda-tanda banyak mengeluarkan ingus, biasanya disertai batuk-batuk kecil, dan juga sering disebut dengan istilah selesma."

Sedangkan “Menahun”, secara sederhana bisa diartikan sebagai gejala yang terjadi selama bertahun-tahun atau hampir setiap hari dan tidak kunjung sembuh.

Masyarakat awam yang tidak tahu tentang macam-macam penyakit, selalu menganggap semua penyakit dengan gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan hidung meler mengeluarkan ingus/lendir sebagai penyakit pilek atau juga penyakit flu.

Padahal gejala-gejala tersebut tidak selalu memandakan penyakit pilek atau flu. Ciri-ciri penyakit pilek dan flu yaitu ada demam, agak sakit kepala, bersin kadang-kadang terjadi, badan terasa letih, hidung ingusan, dan ingusnya berwarna kuning atau agak kehijauan.

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan biasanya sembuh dalam waktu beberapa hari setelah minum obat flu (1-2 minggu). Sakit flu tidak terjadi secara menahun dan karena terjadi akibat infeksi virus, maka penyakit flu ini bisa menular pada orang lain disekitarnya.

Lalu apa itu Pilek Menahun?


Istilah pilek menahun adalah istilah yang ada di benak masyarakat. Pilek menahun sebetulnya adalah gejala dari penyakit lain yang bisa disebabkan karena gejala penyakit Sinusitis dan juga bisa merupakan gejala dari penyakit Rhinitis.

Sinusistis adalah peradangan pada lapisan rongga sinus yang disebabkan oleh kuman atau infeksi bakteri.

Gejala sinusitis diantaranya yaitu:
  • Hidung mampet
  • Hidung ingusan seperti pada penyakit flu
  • Sakit kepala khususnya didaerah sekitar rongga sinus
  • Ada nyeri disekitar wajah
  • Penciuman hidung jadi agak berkurang
  • Nafas berbau dan bau mulut

Selain karena sinusitis, gejala pilek menahun juga bisa berarti tanda penyakit rhinitis. Rhinitis adalah peradangan pada selaput lendir hidung. Jenis rinitis yang paling umum terjadi pada masyarakat Indonesia yaitu rinitis alergi dan rinitis vasomotor.

Rhinitis alergi adalah kondisi peradangan selaput lendir pada hidung yang disebabkan karena reaksi alergi. Rhinitis alergi ini berpotensi besar terjadi pada orang-orang yang memilki riwayat alergi dan asma. Pemicu rinitis alergi bisa bermacam-macam, diantaranya yaitu alergi tungau (kutu) debu, air liur hewan, bulu hewan, alergi serbuk sari bunga/tanaman, spora jamur dan beberapa alergen lainnya yang mudah terbawa oleh udara dan terhirup oleh hidung saat bernafas.

Gejala rhinitis alergi yaitu:
  • Sering bersin-bersin jika terkena alergen penyebab reaksi alergi
  • Hidung mengeluarkan lendir/ingus, lendirnya tidak terlalu kental dan berwarna bening.
  • Hidung tersumbat
  • Hidung, mata, telinga, tenggorokan bisa terasa gatal
  • Tidak disertai demam
  • Bisa terjadi pada saat musim tertentu (jika alergi pada serbuk sari), dan bisa terjadi sepanjang tahun (misalnya alergi pada debu di rumah atau di tempat kerja).

Selain rhinitis alergi, gejala pilek menahun bisa juga karena seseorang menderita rinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor adalah peradangan pada selaput lendir yang bukan disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap alergen (Non-Rhinitis Alergi).

Rhinitis vasomotor disebabkan oleh terjadinya pelebaran pembuluh darah di hidung akibat terganggunya saraf vasomotor, hal tersebut bisa mengakibatkan hidung mengeluarkan banyak lendir seperti halnya pilek.

Gejala dari rhinitis vasomotor ini mirip sekali dengan gejala rhinitis alergi, namun penyebab dan waktu terjadinya berbeda. Bahkan beberapa gejala rhinitis vasomotor ini mirip seperti gejala pilek/flu, sehingga sering dianggap sakit pilek/flu menahun oleh orang yang tidak tahu.

Beberapa gejala yang menandakan rhinitis vasomotor diantaranya yaitu:
  • Sering bersin-bersin terus (bersin berkali-kali bisa hingga lebih dari 5x)
  • Sering bersin-bersin setelah bangun tidur.
  • Sering bersin-bersin di pagi hari.
  • Bersin dan pilek biasanya berhenti saat hari mulai sore atau malam.
  • Hidung tersumbat.
  • Hidung pilek/meler mengeluarkan lendir berwarna bening.
  • Mata terasa kering.
  • Tidak ada demam.
  • Gejala bisa muncul sepanjang tahun (Perennial Rhinitis), dan terjadi hampir setiap pagi hari.

Pemicu timbulnya gejala-gejala tersebut yaitu udara dingin di pagi hari, perubahan temperatur udara, kelembaban udara, udara kering, aroma kuat dari bahan kimia tertentu, faktor stress, faktor hormon dan juga bisa dipengruhi kondisi fisik (kebugaran seseorang).

Menurut para ahli medis, banyak yang menyatakan bahwa rhinitis adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total namun hanya bisa di kontrol gejalanya dengan cara menghindari pemicunya. Itulah kenapa banyak sekali orang yang sering mengeluhkan pilek menahun dan tidak sembuh-sembuh.

Semua penyakit diatas merupakan beberapa penyakit yang sering dianggap oleh orang awam sebagai pilek menahun. Dari semuanya penyakit diatas, penyebab pilek menahun yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh rhinitis vasomotor yang mana sering terjadi sepanjang tahun, karena kebanyakan orang tidak tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Nah, dari tanda-tanda diatas, kira-kira kondisi manakah yang paling menunjukan penyakit pilek menahun Anda?


Tips & Rekomendasi:  

Jika Anda sering bersin-bersin di pagi hari, pilek tidak sembuh-sembuh, atau menderita penyakit rhinitis, saya sarankan Anda mencoba mengikuti panduan cara mengaobati gejala rhinitis yang ada dalam ebook mengatasi bersin. Ebook panduan tersebut bisa Anda peroleh di www.mengatasibersin.com secara mudah.

Ebook panduan tersebut telah membantu banyak orang sembuh dari gejala pilek menahun akibat penyakit rinitis dan di dalamnya dijelaskan banyak informasi tentang cara mengatasi gejala rhinitis seperti bersin-bersin terus serta gejala pilek yang tidak sembuh-sembuh.

Cara pengobatan yang dijelaskan didalamnya cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk Anda ikuti. Selain itu Anda juga tidak perlu takut dengan efek samping obat, karena didalamnya hanya diajarkan cara mengatasi gejala pilek menahun secara alami tanpa obat-obatan.

49 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, kebetulan sodara saya ada yang menderita pilek menahun juga. Thanks..

    ReplyDelete
  2. Saya sering pilek dan bersin-bersin di pagi hari, hampir tiab bangun tidur, dan ini terjadi sejak 4 tahun lalu..

    ReplyDelete
  3. sangat membantu informasinya thank

    ReplyDelete
  4. trimakasih infonya.saya sering terkena flu tak kunjung sembuh.cuma saya kena 1 bulan sekali/2 kali baik cuaca dingin/panas atau ketika mencium aroma tertentu.dan itu selama 4 jam atau lebih di sertai lendir bening.

    ReplyDelete
  5. Tiap pagi saya bersin2, berarti yang nomor 3, ya? Tapi kadang kalo lagi beres2 juga suka bersin2 karna debu.
    Terus, kalau flu, kepala juga sakit di bagian dahi, rasanya seperti memar...
    Apa itu berarti radang sinus juga?
    So, cara penanganannya gimana, ya untuk ketiga penyakit di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika disertai sakit kepala berasa memar, kemungkinan Anda menderita Sinusitis.

      Delete
  6. Tipsnya bagus sekali untuk di coba, semoga tipsnya manjurr.. terima kasih sudah berbagi. ;) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  7. kalau gejala yang dirasa seperti no. 1-2.. berarti saya sinus atau rhinitis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Maya Chairani: Kemungkinan besar penyakit Rhinitis Vasomotor.

      Delete
  8. saya setiap hari sering pilek, hidung tersumbat, hidung gatal, mata gatal, dan mata ber air. Dan apalagi jika saya tidak berolahraga, itu selalu saja hidung tersumbat dan berlendir. selain itu gejala ini sering terjadi jika adanya debu, udara dingin. Seperti ini bagaimana ? trima kasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hanif: Melihat gejala-gejala yg anda sebutkan, kemungkinan Anda menderita penyakit rinitis vasomotor.

      Delete
  9. Klo saya pilek aja.. gk ada batuk atau sakit kepala, pileknya itu klo saya lg gk ngapa2in.. klo lg aktifitas sih normal aja, udh 1tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika hanya pilek dan bersin-bersin kemungkinan besar anda menderita rinitis vasomotor.

      Delete
  10. Sudah hampir satu tahun saya sering bersin bersin di sertai pilek, di pagi hari, malam hari, sehabis mandi kadand klo setelah bersin lsung pilek.

    ReplyDelete
  11. Kalo aku. Pagi dan malam hari selalu tiba2 bersin dan kemudian jadi pilek dan hidung mampet. Itu aku yg nomer berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan anda menderita rinitis vasomotor.

      Delete
  12. sy sehari bersin bisa bersin lebih dr 5x, stlh bersin biasanya hidung lgsung mengeluarkan lendir bening disertai sakit kepala yg luar biasa. hidung mata telinga gatal semua, pangkal hidung bagian dalam terasa sakit sekali. ini terjadi hampir setiap hari dari bangun tdr smpai mau tidur lg, kira2 sudah sekitar 1th'an sy begini. ini sy termasuk yg mana ya? terimakasih..

    ReplyDelete
  13. kalau saya sering bersin-bersin kalau malam dan batuk dan hidung mampet itu termasuk yang mana ya?

    ReplyDelete
  14. Saya seringnya merasa mampet di hidung, jarang bersin, enggak mengeluarkan ingus, tapi tenggorakan ada lendirnya. Dan tiap bangun tidur selalu demam, suhu badan meningkat dan badan nyeri2. Setelah siang lalu hilang sendiri. Kenapa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah parah biasanya akan disertai hidung meler dan mudah bersin-bersin.

      Delete
  15. Tx to so muchh
    Skrng jd tauu saya terkena rhinitis vasomotor..
    Bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Saya sering bersinbersin di pagi hari karna udara dingin, setelah mandi dan saat terkena debu. Juga dibarengi dengan demam. Itu berarti yang mana?

    ReplyDelete
  17. Saya setiap bersin pasti langsung pilek. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena anda menderita kondisi yang disebut Rinitis Vasomotor/ Vasomotor Rhinitis.

      Delete
  18. sudah 3 tahun bersin bersin di pagi hari dan malam hari, kalau sudah bersin biasanya kepala nya sakit, mata gatal dan berair, dan di bagian wajah terasa sakit. kemungkinan termasuk ke nomor berapa? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda sering piliek dan bersin-bersin saat pagi hari, kemungkinan anda menderita Rinitis.

      Namun jika disertai dengan adanya rasa sakit di wajah, kemungkinan anda juga menderita penyakit Sinusitis.

      Delete
  19. saya sering mengalami pilek dan bersin di pagi hari, hidung gatal an sakit ketika bersin, ketika saya cek kedokter katanya saya alergi serbuk sari (dokter 1), tapi dokter juga bilang saya alergi debu (dokter 2) .. tetapi ketika ada debu saya kadang pilek dan bersin kadang juga tidak.. kira kira kenapa ya ? dan pilek dan bersin saya ini sedang lebihparah dari biasanya selama kurang lebih 2 atau 3 minggu belakangan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda menderita Rinitis non-alergi.
      Diagnosa dokter terhadap gejala penyakit yang anda alami tersebut memang sering salah, karena penyakit tersebut memang gejalanya mirip alergi, padahal bukan alergi (bukan rinitis alergi).

      Kemungkinan besar anda menderita rinitis vasomotor (rinitis non-alergi), yang mena tidak disebabkan oleh alergi serbuk sari ataupun debu, penyebabnya lebih kompleks, sering berhubungan dengan pertanda penyakit auto immune, dan sering diderita oleh mereka yang pola hidupnya tidak sehat.

      Delete
    2. Kl saya tiap habis bersin2 (dlm jumlah bnyak) selalu mlmnya nafas sesak dan bsknya pilek keluar lendir. Terus saya berfikir sendiri jd yg bikin saya pilek tuh krn bersin2, saya coba bwt nutupin hidung saya setiap sebelum bersin keluar dan bersinpun gak jd dan itu membantu sekali bwt saya menghindari kena flu. Minta saran bahaya nggak nutup hidung sebelum bersin (kan kl mau bersin kerasa kyk gatal gitu), sebelum bersin lho krn pernah telat nutup hidup pas bersinnya da kelepasan jdnya ngefek ke telinga. Tq sebelumnya

      Delete
    3. Menutup hidung dengan tujuan menahan bersin itu bisa berbahaya, karena saat hidung ditutup bersamaan dengan bersin, nantinya akan ada tekanan ke daerah telinga, yang mana bisa merusak organ didalamnya, misalnya merusak gendang telinga anda.
      Jadi, jika anda bersin, jangan ditahan dengan cara menutup hidung.

      Delete
  20. Saya sangat mudah untuk terkena pilek,apalagi kalo sudah terkena debu saya akan bersin-bersin,hidung terasa gatal,hidung meler tapi tidak berlendir kemudian hidung juga jadi mampet dan bisa sampai seharian.kadang juga tiba-tiba hidung gatal terus jadi bersin,meler dan tersumbat,gejala apa yang saya alami??makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan anda mengalami gejala Rinitis.

      Delete
  21. Saya sering bersin2..itu pun dtngnya tiba2..apa lagi bngun tdur psti langsung bersin2..klo udh bersin2 jdi meler trus tenggorokan terasa sakit..itu knpa yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti telah dijelaskan diatas, itu tandanya anda menderita rinitis non-alergi/rinitis vasomotor.

      Delete
  22. Saya setiap menjelang malam., sering bersin2., hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan bening., ini terjadi hampir dua hari sekali. gejala apa yg saya alami ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti telah dijelaskan diatas, kemungkinan besar anda menderita penyakit rinitis vasomotor (rinitis non-alergi).

      Delete
  23. Saya dan anak saya (6thn) juga pilek menahun, kondisi badan fit hanya saja hidung suka mengeluarkan ing*s kental berwarna putih kadang kekurangan, kalau bangun pagi hari cuaca mendung atau dingin saya selalu bersin2. Kira kira termasuk yg mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda gampang bersin-bersin/pilek saat dingin dan saat bangun tidur dipagi hari, kemungkinan besar anda menderita penyakit rinitis vasomotor (rinitis non-alergi).

      Delete
  24. Saya setiap hari mengalami hidung tersumbat seusai mandi, baik keramas maupun tidak. Kemudian, saya paksa keluar lendir bening tersebut, lalu hidung berasa panas saat bernafas. Terkadang juga berasa nyeri di wajah. Dulu saya menganggap mungkin pilek ini terjadi karena saya setiap hari mandi keramas. Tetapi setelah saya amati selama 1 tahun, seusai mandi baik keramas maupum tidak, hidung selalu mengeluarkan terseumbat. Dan lendir beningnya gak langsung keluar. terkafang nunggu waktu 30 menit sampai 60 menit baru bisa dikeluarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak disertai bersin-bersin dan disertai rasa nyeri di wajah, kemungkinan anda menderita penyakit Sinusitis.

      Delete
  25. Saya sering dibilang orangtua kena alergi debu dan dingin, tapi setiap flu saya merasa wajah saya seperti bengkak, gigi saya ngilu semua, kepala saya sangat pusing, demam, mata berair, mata terasa gatal dan mengeluarkan lendir bening. Pernah dua kali saat saya mengeluarkan lendir bening seperti ada darah tapi hanya sedikit sekali. Saya udah mengalami sakit ini semenjak saya SD dan saya sekarang sudah kuliah dan sampai sekarang masih serinh terjadi. Seminggu bisa 3-4kali kumat dan waktu sembuhnya bisa berbeda. Kadang bisa 1-3harian tidak sembuh terkadang bisa beberapa jam saja sembuh. Apa saya terkena sinus atau rhinitis alergi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Alvi,

      Jika flu/pilek nya tidak disertai dengan gejala sering bersin-bersin, namun diserta dengan rasa nyeri, bengkak, ngilu didaerah sekitar wajah. Kemungkinan anda menderita penyakit infeksi sinus atau Sinusitis.
      Saran saya coba periksa ke Dokter terdekat agar bisa diperiksa dengan lebih akurat.

      Delete
  26. Saya udh 4 thn bersin,meler hidung,sampe mata berair,itu setiap hr slalu terjadi,kadang 2hr berturut2, sore brhenti,bsknya pilek lg,ga enak bgt rasanya,klo lihat cirinya sy rhinits ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar, anda menderita Rinitis Vasomotor (Rinitis Non-Alergi).
      Jika anda tidak tau cara mengobatinya, saya sarankan anda untuk membaca e-book mengatasi bersin yang ada di www.mengatasibersin.com Didalamnya terdapat panduan lengkap cara mengobati penyakit tersebut.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar.